Di era belanja online yang kini sudah semakin membudaya, seharusnya pihak ekspedisi berlomba untuk meningkatkan pelayanannya agar tidak tergeser oleh kompetitor. Tapi sepertinya hal tersebut tidak diprioritaskan oleh salah satu jasa ekpedisi yang sudah cukup lama dan populer, JNE.
JNE sendiri memiliki layanan andalan yaitu YES (Yakin Esok Sampai) dimana mereka menjamin barang yang dikirim pada suatu hari akan sampai ke tujuan keesokan harinya, meski pada hari minggu atau hari libur lainnya (berlaku hanya untuk daerah-daerah tertentu saja). Bahkan mereka berani memberikan jaminan biaya kirim kembali apabila kiriman tidak diterima pada keesokan harinya melewati pukul 23:59
okey, kita langsung ke kasus.
tanggal 9 Oktober 2017 melalui situs jual beli online terpercaya, saya memesan suatu barang yang langsung diproses oleh seller pada pukul 14.30 WIB
secara hitung hitungan, seperti biasa (saya sudah sering menggunakan jasa layanan YES) harusnya paket paling lambat sampai tanggal 10 (keesokan harinya) namun kali ini tidak.
Pukul 20.23 WITA (10 Oktober) saya mendapat telepon dari kurir, memberitahukan bahwa barang tidak bisa diantar malam ini karena pengantaran telah tutup. Tentu saya tidak terima begitu saja, soalnya saya pernah menerima barang di jam yang lebih larut dari itu. Kalau tidak bisa diterima hari ini, berarti layanan ini bukan layanan YES lagi namanya. Lantas bagaimana kalau saya memerlukan barang itu malam ini juga?
Kurir mengatakan kalau saya sangat perlu barang itu, bisa saja mengambil sendiri ke kantor JNE karena kantornya masih buka sampai jam 21.00 WITA
what?
bukannya kita bayar untuk layanan YES ini cukup duduk manis di rumah dan barang akan diantar ya? makanya tarifnya lebih mahal.
Akhirnya saya ngalah aja, gapapa juga kalau barang baru bisa diantar tanggal 11 Oktober 2017, toh saya juga ga perlu-perlu cepat untuk memakai barang itu.
tapi..
yang membuat kesal lagi..
Pagi ini, 11 Oktober 2017. Pukul 07.00 WITA saya iseng aja tracking di situs JNE dengan menggunakan no resi yang diberikan oleh seller.
Namun apa yang tertulis di sana kembali membuat saya kesal.
Di tracking details tertulis bahwa status layanan ini delivered dan telah selesai, barang telah diterima oleh saya sendiri.
ini apa namanya kalau bukan pembohongan?
Mungkin pihak JNE ingin menghindari komplain terhadap layanan mereka sehingga mencantumkan DATA PALSU pada sistem, agar mereka TERLIHAT SEOLAH TIDAK MELANGGAR PERATURAN LAYANAN. atau bisa jadi ini ulah dari KENAKALAN SANG KURIR yang memalsukan tanda terima saya, karena malas untuk mengantar barang di malam hari.
entahlah...
UPDATE:
11 Oktober pukul 09.02 WITA Akhirnya kurir mengantar barang ke rumah saya.
Dan disini saya tidak diminta untuk tanda tangan sebagai bukti bahwa saya telah menerima barang.
JNE sendiri memiliki layanan andalan yaitu YES (Yakin Esok Sampai) dimana mereka menjamin barang yang dikirim pada suatu hari akan sampai ke tujuan keesokan harinya, meski pada hari minggu atau hari libur lainnya (berlaku hanya untuk daerah-daerah tertentu saja). Bahkan mereka berani memberikan jaminan biaya kirim kembali apabila kiriman tidak diterima pada keesokan harinya melewati pukul 23:59
okey, kita langsung ke kasus.
tanggal 9 Oktober 2017 melalui situs jual beli online terpercaya, saya memesan suatu barang yang langsung diproses oleh seller pada pukul 14.30 WIB
secara hitung hitungan, seperti biasa (saya sudah sering menggunakan jasa layanan YES) harusnya paket paling lambat sampai tanggal 10 (keesokan harinya) namun kali ini tidak.
Pukul 20.23 WITA (10 Oktober) saya mendapat telepon dari kurir, memberitahukan bahwa barang tidak bisa diantar malam ini karena pengantaran telah tutup. Tentu saya tidak terima begitu saja, soalnya saya pernah menerima barang di jam yang lebih larut dari itu. Kalau tidak bisa diterima hari ini, berarti layanan ini bukan layanan YES lagi namanya. Lantas bagaimana kalau saya memerlukan barang itu malam ini juga?
Kurir mengatakan kalau saya sangat perlu barang itu, bisa saja mengambil sendiri ke kantor JNE karena kantornya masih buka sampai jam 21.00 WITA
what?
bukannya kita bayar untuk layanan YES ini cukup duduk manis di rumah dan barang akan diantar ya? makanya tarifnya lebih mahal.
Akhirnya saya ngalah aja, gapapa juga kalau barang baru bisa diantar tanggal 11 Oktober 2017, toh saya juga ga perlu-perlu cepat untuk memakai barang itu.
tapi..
yang membuat kesal lagi..
Pagi ini, 11 Oktober 2017. Pukul 07.00 WITA saya iseng aja tracking di situs JNE dengan menggunakan no resi yang diberikan oleh seller.
Namun apa yang tertulis di sana kembali membuat saya kesal.
Di tracking details tertulis bahwa status layanan ini delivered dan telah selesai, barang telah diterima oleh saya sendiri.
ini apa namanya kalau bukan pembohongan?
Mungkin pihak JNE ingin menghindari komplain terhadap layanan mereka sehingga mencantumkan DATA PALSU pada sistem, agar mereka TERLIHAT SEOLAH TIDAK MELANGGAR PERATURAN LAYANAN. atau bisa jadi ini ulah dari KENAKALAN SANG KURIR yang memalsukan tanda terima saya, karena malas untuk mengantar barang di malam hari.
entahlah...
UPDATE:
11 Oktober pukul 09.02 WITA Akhirnya kurir mengantar barang ke rumah saya.
Dan disini saya tidak diminta untuk tanda tangan sebagai bukti bahwa saya telah menerima barang.
Finance cash amount 5,000 to 10,000,000 apply now
ReplyDeleteAre you in need of Urgent Loan Here no collateral required all problem regarding Loan is solve between a short period of time with a low interest rate of 2% and
duration more than 20 years what are you waiting for apply now and solve your problem or start a business with Loan paying of various bills I think you have come
to the right place just email us.
housingfinance22@gmail.com
WEBSITE: http://www.indbullsfin.com/index.pyc
Contact us on whatspp +447513195409
Mr Osman Ibrahim